5 FILM HORROR MENYERAMKAN BASED ON TRUE STORY

Bicara film horror based on true story, tentunya para penggemar film sudah tidak asing lagi dengan Conjuring-verse karya James Wan. Sejak pertama kemunculannya dengan Insidious, film-film horror yang diangkat dari kisah nyata pasangan paranormal Ed dan Lorraine Warren ini menjadi film horor paling terkenal yang banyak disukai semua kalangan penikmat film. Tapi, tahukah para pecinta film kalau masih banyak film-film horror lainnya yang diangkat berdasarkan kisah nyata? berikut 5 film horror menyeramkan based on true story  :

1. The Exorcist (1973)

Bercerita tentang seorang pastur yang menangani kasus seorang gadis kecil yang diduga kerasukan iblis jahat. Adegan-adegan kerasukan dalam film the Exorcist memang sangat menyeramkan dan ikonik. Bahkan sampai saat ini The Exorcist masih menjadi top list film horror paling menyeramkan.

gambar : Amazon.com

True Story :
Film ini terinspirasi dari kisah nyata seseorang novelis yang menyaksikan sendiri kasus kerasukan yang dialami oleh seorang anak laki-laki berumur 14 tahun bernama Roland Doe di Rumah Sakit St. Louis di daerah Maryland pada tahun 1949. Sama seperti yang digambarkan dalam film, anak laki-laki tersebut sering berteriak, muntah, tantrum dan mengutuk dalam bahasa Latin, yang tidak pernah sama sekali dia pelajari sebelumnya. 

2. The Amityville Horror (1979)

Para penggemar horror pasti sudah tidak asing lagi dengan umah yang dinobatkan sebagai salah satu rumah paling angker di Amerika ini. Filmnya berkisah tentang sebuah keluarga yang pindah ke Rumah Amityville dan mengalami banyak kejadian aneh dan supranatural. Sampai akhirnya salah satu anggota keluarga mengalami kerasukan dan menghabisi seluruh anggota keluarganya. Hingga saat ini sudah ada beberapa film mengenai Rumah Amityville ini, tetapi menurut pendapat pribadi penulis versi pertamanya yang diproduksi tahun 1979 tetap menjadi yang terbaik sampai saat ini. 

gambar : Imdb

True Story :
Pada 13 November tahun 1974, seorang pemuda berumur 23 tahun bernama Ronald DeFeo Jr membunuh seluruh anggota keluarga yang yang terdiri dari kedua orang tuanya, dua saudara perempuan dan dua saudara laki-lakinya di rumah mereka, Rumah Amityville. Beberapa tahun setelahnya rumah tersebut dibeli oleh Keluarga Lutz. Sejak pindah keluarga Lutz sering mengalami kejadian aneh dan bisikan-bisikan gaib di dalam rumah tersebut. 

3. Child's Play (1988)

Siapa yang tidak kenal Chucky? Si boneka seram yang sering meneror, menyakiti bahkan membunuh manusia? di dalam film nya Chucky diceritakan sebagai medium dari jiwa pembunuh berantai Charles Lee Ray, yang tetap meneruskan kekejamannya sebagai pembunuh bahkan setelah ia mati melalui wujud boneka Chucky. Sampai saat ini film Chucky sangat terkenal bahkan sampai dibuat beberapa versi.

gambar : Imdb

True Story :
Film ini terinspirasi dari Boneka Berhantu 'Robert de Doll' yang dibuat untuk anak keluarga Gene yang berumur 6 tahun, Otto, sebagai hadiah dari pembantu rumah tangga mereka. Pembantu ini ternyata memiliki dendam dengan keluarga Gene sehingga ia menjadikan Robert sebagai medium voodoo untuk menghantui keluarga Gene. Robert sering menebar teror seperti merusak dan memutilasi mainan-maninan Otto yang lainnya. Sampai saat ini Robert the Haunted Doll masih terpajang dalam kotak kaca di Florida Key West Martello Museum.

4. The Exorcism of Emily Rose (2005)

Film ini bercerita tentang seorang gadis 17 tahun bernama Emily Rose yang sering mengalami pingsan, epilepsi dan kerasukan. Orang tua Emily pun meminta bantuan seorang pendeta untuk mengobati Emily, tetapi makin lama kondisinya semakin memburuk. Bahkan pada akhirnya, Emily harus kehilangan nyawanya setelah mengalami penderitaan bertahun-tahun. Kedua orang tua Emily dan pastur yang menolong pun akhirnya dihukum atas kelalaian yang menghilangkan nyawa orang lain karena tidak melakukan konsultasi medis untuk mengobati Emily. Film horror yang satu ini sangat berkesan dan menjadi salah satu film horror favorit penulis. 

gambar : Amazon.com

True Story :
Berdasarkan kisah nyata yang dialami seorang gadis muda asal Jerman, Anneliese Michel. Saat berumur 16 tahun, Anneliese sering mengalami pingsan dan kejang-kejang diikuti kerasukan. Setelah pengobatan medis tidak mempan, orang tua Anneliese pun meminta bantuan uskup setempat untuk mengobati kerasukan Anneliese. Dua orang pastur saat itu, Pastur Arnold Renz dan Pendeta Ernst Alt mencoba mengobati Anneliese selama kurang lebih 10 bulan dengan total 67 sesi pengusiran setan tetapi, kondisi Anneliese malah makin buruk dan mengalami malnutrisi sampai akhirnya ia meninggal pada 1 Juli 1976. Sama seperti  yang diceritakan dalam film, Orang tua Anneliese dan kedua pastur itu pun dihukum 6 bulan percobaan dengan tuduhan kelalaian yang menghilangkan nyawa orang lain karena tidak melakukan konsultasi medis selama mengobati Annelise. 

5. The Possesion (2012)

Atau dikenal juga dengan Dybukk Box, berkisah tentang seorang anak perempuan bernama Em Clyde yang membeli sebuah kotak kuno di pasar barang antik. Kotak itu berisi sebuah gigi, bangkai ngengat dan sebuah cincin. Em pun mengenakan cincin tersebut. Sejak saat itu Em mulai berubah menjadi pendiam dan penyendiri. Ia pun mengaku pada orang tuanya bahwa ia kerang didatangi sosolk perempuan menyeramkan dari kotak tersebut. Menyadari keselamatan anaknya terancam, orang tua Em pun berusaha memisahkan Em dengan kotak misterius tersebut.

gambar : Imdb

True Story :
Tidak banyak informasi mengenai asal usul kotak Dybbuk ini. Dybbuk sendiri dikenal dalam mitologi Yunani kuno sebagai Iblis Pemangsa Jiwa. Kotak ini sempat terkenal karena dijual di forum jual beli Ebay oleh seorang bernama Kevin Mannis. Ia menceritakan bahwa ia menemukan kotak tersebut di rumah yang baru dibelinya. Tetapi sejak saat itu, banyak kejadian aneh terjadi di rumahnya. Bahkan ibunya secara mendadak terkena stroke dan jatuh sakit sesaat setelah memegang kotak tersebut. Hingga akhirnya ia memutuskan untuk menjual kotak tersebut. Kabarnya setiap orang yang membeli kotak tersebut selalu dihantui hal aneh dan bernasib buruk.

Berikut 5 Film Horror Menyeramkan yang ternyata berasal dari kisah nyata. Semoga bermanfaat!

Baca Juga :

Post a Comment for "5 FILM HORROR MENYERAMKAN BASED ON TRUE STORY"