5 FILM JEPANG DENGAN TWIST MINDBLOWN

Bicara Jepang, memang pusatnya hal-hal gila dan absurd. Termasuk dalam dunia perfilmannya. Ada banyak film-film Jepang yang kadang terlalu absurd sehingga butuh beberapa kali menonton untuk memahami maksudnya. Begitupun dengan film-film twistnya, banyak film dengan twist mindblown diproduksi dari negeri sakura ini, berikut ini penulis bagikan 5 film dengan twist mindblown dari Jepang yang paling terkenal :

1. Kisaragi

Suka film dengan twist lebih dari satu, double twist? Triple Twist? Kisaragi ini film yang tepat buat kamu tonton. Bukan double atau triple twist, tapi twist berlapis-lapis! Bercerita tentang sebuah perkumpulan kecil terdiri dari 5 orang pemuda yang mengidolakan seorang artis cantik Kisaragi Miki yang setahun sebelumnya ditemukan tewas di apartemennya. Berawal dari berkenalan di forum internet, mereka berkumpul untuk mengenang satu tahun kematian artis idola mereka tersebut. 

gambar : CineMaterial

Dari perkumpulan itulah, satu persatu fakta tentang kematian Kisaragi Miki terungkap. Walaupun hanya bersetting di satu ruangan dengan 5 orang karakter, film ini memberikan banyak sekali cerita dengan plot twist hampir disetiap 10 menit penanyangan yang membuat kita tidak bisa berpaling dari layar film ditambah dengan komedi-komedi segar dalam penyajiannya. Twist-twistnya pun sangat mengejutkan!

2. Initiation Love

Para penggemar film komedi romantis dengan twist berbeda dari yang lainnya wajib nonton film satu ini. Bercerita tentang seputaran kisah cinta romatis sepasang kekasih Mayu-chan dan Takkun. Awalnya film ini memang terlihat seperti film komedi romantis pada umunya. tetapi sebenarnya film ini punya twist yang super mengejutkan. Setelah menonton film ini, penulis pribadi merasa tertipu. Tertipu ceritanya, tertipu dengan karakter nya. 

gambar : imdb

Beralur campuran, film ini bergerak dengan timeline yang maju mundur. Spoiler alert, untuk menebak twistnya kuncinya ada di timeline cerita yang terbagi dua menjadi side A dan side B serta kejelian kita memahami karakter dalam filmnya. Dengan ending yang super twisted, barulah semua timeline terasa nyambung satu sama lain. 

3. The World of Kanako

Yang satu ini jenis film crime yang agak gory. Bercerita tentang seorang perwira polisi yang hidup dan rumah tangga nya berantakan. Memiliki satu orang anak perempuan, yang sepengetahuan orang tuanya adalah anak yang ramah, baik dan supel, bernama Kanako. Suatu hari Kanako menghilang dari rumah, sang mantan istri pun meminta bantuan ayah Kanako, Akikazu, untuk mencari keberadaan Kanako. Nah saat itu lah semua kejadian dan fakta mengejutkan dimulai. 

gambar : imdb

Ternyata kepribadian Kanako yang sebenarnya bukanlah seperti yang diketahui orang tuanya selama ini. Dari kesaksian beberapa temannya, akhirnya Akikazu tahu kalau Kanako memiliki dua kehidupan yang berbeda. Sebenarnya, twist di dalam film ini tidak terlalu nendang atau mengejutkan, tetapi bagaimana sang ayah mengungkap kehidupan asli anaknya sangat menarik diikuti, terlebih ternyata motif yang menyebabkan Kanako hidup dalam dua kehidupan berbeda tersebut adalah orang tuanya sendiri cukup menohok perasaan kita setelah menonton film ini. 

4. Girls in the Dark

Yang satu ini bisa dibilang saingannya film Kisaragi karena menyajikan twist yang berlapis-lapis. Bercerita tentang satu perkumpulan sastra di sekolah khusus putri bernama Klub Bunga Bakung. Ceriat dimulai saat ketua klub yang bernama Itsumi bunuh diri, terjatuh dari lantai atas gedung sekolah sambil memegang bunga bakung. Tetapi ketua klub yang baru, Sayuri menduga salah satu anggota klub lah yang membunuh Itsumi dengan pertanda bunga bakung yang digenggam Itsumi saat terjatuh. Sayuri pun membuat pertemuan kecil bersama kelima anggota klub dengan tema Itsumi's Death.
gambar : JapanMovieID

Satu persatu fakta mengejutkan mulai terkuak. Kita akan disuguhkan dengan 6 cerita berbeda versi masing-masing anggota klub tentang mereka dan Itsumi. Di akhir, semua kebenaran serta kebohongan cerita masing-masing akan terungkap, dengan twist berlapis plus ending yang mengejutkan tentunya!

5. Be With You

Sebuah film Jepang yang mellow bercerita tentang sebuah keluarga kecil, seorang ayah dan anaknya yang baru saja ditinggal oleh sang ibu karena penyakit kronis. Sebelum meninggal, sang ibu berjanji bahwa ia akan kembali saat musim hujan tiba. Dan benar saja, saat musim hujan tiba, sang ibu benar-benar muncul kembali ke ke keluarganya tetapi dalam kondisi amnesia. Siapa sebenarnya wanita yang kembali itu? Apakah benar itu adalah istri yang telah meninggal? Apakah itu adalah arwahnya? Ataukah itu hanya khayalan ayah dan anak itu saja? Sepanjang film kita akan dibuat bertanya-tanya. 

gambar : Wikipedia

Semua akan terjawab di akhir film, walaupun twistnya bersifat fantasi dan dirasa kurang masuk akal tapi film yang bertema tentang cinta dalam keluarga ini cukup berkesan di banyak hati penontonnya. Terbukti, tahun lalu dibuat remake versi Korea dari film Jepang ini.

Baca juga :
5 Film Bertema Keluarga dengan Twist Mindblown

1 comment for "5 FILM JEPANG DENGAN TWIST MINDBLOWN"

  1. Ringu, Shirayuki hime shatsunin jiken, Unmei jinai hito koq kaga ada ?

    ReplyDelete