5 FILM TERBAIK KARYA JOKO ANWAR

Para penggemar film horror Indonesia pasti sudah akrab dengan nama Joko Anwar, sang 'master'nya film horror Indonesia. Secara pribadi, penulis juga sangat menyukai film-film Joko Anwar ini karena selalu menyajikan tayangan yang berbeda dan twist yang segar. Beberapa juga terinspirasi dari berbagai film horror dari belahan dunia. Film horror karyanya yang terbaru rilis tahun 2019 kemarin, Perempuan Tanah Jahanam (baca disini : 5 Film Asia dengan Twist Tahun 2019) berhasil mendapat sambutan dan reaksi yang sangat baik dari para penggemar film Indonesia. Selain Perempuan Tanah Jahanam, berikut 5 Film Joko Anwar dengan twist terbaik versi penulis :



Fiksi (2008)

Film yang skenarionya ditulis oleh Joko Anwar ini bercerita tentang seorang perempuan muda bernama Alisha. Ia menjadi sosok yang tak banyak bicara karena mengalami trauma berat sejak menyaksikan ibunya bunuh diri dihadapannya. Suatu saat, Alisha jatuh cinta dengan seorang pemuda yang berprofesi sebagai penulis bernama Bari. Saking cintanya, Alisha sampai kabur dari rumah dan menyewa sepetak rumah susun di sebelah tempat tinggal Bari.

gambar : imdb

Setelah tinggal berdekatan, Alisha akhirnya mengetahui kalau Bari sudah memiliki kekasih bernama Renta dan Bari ternyata menulis cerpen berdasarkan kehidupan tetangga-tetangga mereka di rumah susun. Lalu, mulai terjadi pembunuhan terhadap satu persatu penghuni rumah susun. Apa sebenarnya yang terjadi? Film Fiksi ini punya twist yang benar-benar tidak tertebak!

Pintu Terlarang (2009)

Bercerita tentang seorang seniman pemahat patung bernama Gambir. Ia spesialisasi memahat patung berbentuk wanita hamil. Patung-patung karyanya banyak digemari oleh para penikmat seni yang membuat Gambir menjadi seorang seniman sukses, terkenal, kaya raya dan memiliki banyak relasi orang penting. Sayangnya, Gambir dan sang istri, Talyda, belum dikaruniai keturunan. Hal ini kadang mengganggu pikirannya.

gambar : imdb

Di sisi lain, Gambir sering terganggu dengan sebuah pintu rahasia dirumahnya. Herannya, setiap ia ingin tahu atau mendekati pintu merah misterius tersebut, Talyda selalu melarangnya. Semakin penasaran, Gambir pun berusaha menguak misteri dibalik pintu merah tersebut. Film ini merupakan film horror psikologi yang 'gelap'. Ada twist yang tak terduga di akhir ceritanya. Film ini digadang-gadang menjadi film terbaik Joko Anwar hingga saat ini.

Modus Anomali (2012)

Bercerita tentang seorang laki-laki yang terbangun dari pingsan didalam sebuah peti kayu di tengah hutan. Kebingungan, ia pun mencoba menyusuri hutan untuk menemukan pertolongan. Akhirnya ia menemukan sebuah kabin. Tetapi alih-alih pertolongan, ia justru menemukan sebuah rekaman video seorang perempuan hamil yang dibantai secara kejam. Di kabin yang lainnya, sebuah keluarga dengan dua orang anak juga sedang menikmati liburan di hutan. Sampai suatu ketika, kedua anak tersebut tersesat di dalam hutan.

gambar : pinterest

Menonton film ini benar-benar memacu adrenalin kita. Kita ikut dibuat bingung, sekaligus tegang dan penasaran. Uniknya, film Indonesia ini dimainkan menggunakan bahasa Inggris. Dialognya minim, tapi plot twistnya nampol!

Pengabdi Setan (2017)

Merupakan remake dari film berjudul sama di tahun 1980, Pengabdi Setan bercerita tentang sebuah keluarga yang terdiri dari seorang ayah, ibu, tiga orang anak dan nenek mereka. Sang ibu selama bertahun-tahun mengidap penyakit yang aneh, sampai suatu saat ibu meninggal dunia. Terhimpit kesulitan ekonomi, sang bapak memutuskan mencari kerja ke kota dan meninggalkan ketiga anaknya bersama sang nenek. Sejak meninggalnya ibu dan kepergian sang bapak, anak-anak merasa mereka dihantui oleh ibu mereka sendiri di rumah.

gambar : imdb

Dari semua film horror karya Joko Anwar, Pengabdi Setan merupakan favorit saya. Mengusung tema sekte pemuja setan dengan kesan gelap di sepanjang film ditambah banyak jumpscare yang membuat jantung berdebar sukses membuat film ini menjadi film horror Indonesia terseram di tahun 2017. Twist yang diakhir cerita pun tak terduga. Walaupun ini film remake, tapi tenang saja, beberapa alur dan twistnya tetap berbeda dari yang aslinya.  

Perempuan Tanah Jahanam (2019)

Dua orang sahabat, Maya dan Dini tengah berjuang memenuhi kebutuhan hidup di kota besar dengan berdagang baju. Sayangnya, usaha mereka tidak berjalan dengan baik. Suatu hari, Maya mendapat informasi kalau ia mewarisi sebuah rumah di kampung halamannya. Tak memiliki ingatan apapun tentang masa kecilnya, Maya memutuskan mendatangi kampung halamannya yang ternyata berada di desa yang sangat terpencil. Sesampainya disana, Maya dan Dini bertemu dengan orang-orang desa yang aneh, rumah yang seram dan banyak sekali kuburan anak-anak. Hal ini membuat Maya dan Dini heran, sampai suatu malam ia tak sengaja melihat seorang warga desa melahirkan dan akhirnya perlahan-lahan misteri tentang desa tersebut juga misteri tentang dirinya terungkap.

gambar : pinterest

Sebenarnya, hampir mirip dengan Pengabdi Setan, film ini mengusung tema sekte. Tetapi dibalut dengan cerita dan setting yang sangat berbeda. Agak sedikit lebih gory daripada Pengabdi Setan, karena ada beberapa adegan kekerasan dan darah yang mungkin bikin merinding. Sama seperti karya Joko Anwar sebelumnya, twistnya selalu mengejutkan!

Berikut 5 Rekomendasi Judul Film terbaik karya Joko Anwar, jangan lupa selalu dukung karya anak bangsa!

Baca Juga :
5 film dengan Twist Berlapis
5 Film Twist dengan Open Ending
5 Film Yang Ditunda Tayang Tahun 2020

9 comments for "5 FILM TERBAIK KARYA JOKO ANWAR"

  1. Replies
    1. Joko anwar emg spesialisasi horror kak. Bagus2 kok film nya 😁 agak gory sih klo yg gak suka darah

      Delete
  2. https://imaginatorid.blogspot.com/2020/05/5-cara-mendapatkan-1000-real-visitor.html

    kalau sempat mampir aja

    ReplyDelete
  3. Joko anwar the best lah klo soal horor dibalik misteri ... plotnya luar biasa



    Kunjungi balik dan jangan lupa tinggalin komentar gan,

    https://aisurunihongo.blogspot.com/2019/12/cerita-horor-jepang-payung-hidup-milik.html?m=1

    ReplyDelete
    Replies
    1. Done. Keren kak blog nya ttg lirik lagu jg yaa.. pecinta jepang ni kayaknya

      Delete