5 FILM ADAPTASI NOVEL AGATHA CHRISTIE

Anda penggemar seri detektif? Pasti sudah tidak asing dengan nama penulis seri detektif terkenal, Agatha Christie dengan duo ikoniknya Hercule Poirot dan Kapten Hasting. Dengan cerita super twist yang selalu berhasil memukau pembacanya, serial klasik ini mempunyai banyak penggemar. Bahkan beberapa ceritanya diadaptasi menjadi film, sebut saja yang terbaru The Crooked House dan The Murder on the Orient Express. Nyatanya, adaptasi novel ke layar lebar ini sudah dilakukan sejak tahun 1940an loh, dan tak kalah bagus dari adaptasi terbarunya. Berikut 5 film adaptasi Novel Agatha Christie versi klasik :

1. And Then There Were None (1945)

Sama seperti dalam novelnya, And Then There Were None bercerita tentang 10 orang yang tidak saling kenal yang mendapatkan undangan dari seorang pria misterius bernama Mr. Owens untuk menghabiskan akhir pekan mereka di sebuah pulau terpencil di tengah lautan. Tetapi Mr. Owens tidak pernah muncul menunjukkan wujudnya. Dan satu persatu tamu mulai mengalami kejadian tragis dan meninggal. Mereka pun mulai saling mencurigai satu sama lain.

gambar : imdb


Cerita ini telah banyak sekali diangkat ke layar lebar. Dan masing-masing versi memiliki cerita dan ending berbeda-beda. Ada yang sama dengan novel, ada juga yang diremake berbeda.  Kabarnya, versi tahun 1945 merupakan yang paling banyak digemari, walaupun endingnya sedikit berbeda dari novelnya. 

2. Witness for Prosecution (1957)

Berkisah tentang Sir Wilfrid, seorang pengacara yang menangani satu kasus pembunuhan oleh Leonard terhadap salah satu kenalannya, seorang janda tua yang kaya raya. Anehnya, dalam persidangan muncul sosok istri Leonard yang alih-alih membela, justru memberatkan Leonard atas pembunuhan tersebut. Sang pengacara pun mencoba mencari kebenaran dengan usahanya sendiri. 

gambar : amazon.com

Walaupun hanya bersetting di dalam ruang persidangan, tapi cerita ini sangat seru untuk diikuti. Ada twist seru di akhir film ini yang membuat para penontonnya sangat terkesan. Film ini mendapatkan banyak penghargaan di jamannya, total 6 nominasi di ajang Piala Oscar tahun 1958 untuk kategori Best Picture, Best Director dan Best Actor!

3. Death on the Nile (1978)

Menceritakan kisah detektif ulung Hercule Poirot yang sedang berlibur dengan kapal wisata di Mesir, menyusuri Sungai Nil. Nahasnya, terjadi pembunuhan terhadap seorang perempuan muda kaya raya bernama Linnet di atas kapal tersebut. Semua orang yang berada di atas kapal dicurigai untuk melakukan pembunuhan tersebut. Poirot sendiri mencurigai adanya hubungan cinta segitiga misterius dalam tour tersebut.

gambar : pinterest

Seperti hampir semua cerita Agatha Christie, kisah ini memiliki cerita dan twist yang mencengangkan. Film nya pun lagi-lagi berhasil mendapatkan Oscar dan Best Costume dalam British Academy Award tahun 1979. Kabarnya, tahun 2020 ini akan dirilis kembali film Death on the Nile ini, masih dibintangi oleh Kenneth Branagh dan aktris terkenal Gal Gadot!

4. Evil Under the Sun (1982)

Masih menceritakan seputar kisah liburan Hercule Poirot yang selalu diwarnai dengan kisah pembunuhan. Diadaptasi dari novel berjudul sama, Evil Under the Sun - Pembunuhan di Teluk Pixy mengisahkan cerita tentang pembunuhan seorang wanita cantik di Hotel Jolly Roger di Teluk Pixy tempat Hercule Poirot berlibur. 

gambar : pinterest

Orang-orang terdekatnya, suami, anak dan kenalan-kenalannya pun dicurigai. Ditambah lagi terdapat batu intan dengan nilai jual yang tinggi ikut hilang bersamaan dengan pembunuhan tersebut. Hercule Poirot bersama kepolisian setempat berusaha memecahkan misteri ini, dalam perjalanannya banyak kebohongan-kebohongan bahkan skandal yang terungkap!

5. The Mirror Crack'd (1963)

Selain Hercule Poirot, Agatha Christie juga membuat seri detektif versi wanita, Miss Marple. Salah satu kisah Miss Marple yang diadaptasi menjadi film adalah The Mirror Crack'd. Berkisah tentang seorang aktris terkenal yang akan menjalani shoothing di sebuah desa kecil tempat Miss Marple tinggal. Masyarakat sekitar pun sangat antusias, terlebih saat sang aktris mengundang mereka untuk menghadiri pesta di rumah tempat ia menetap selama shooting.

gambar : imdb

Saat pesta berlangsung, pemilik rumah ditemukan mati keracunan di tengah pesta. Ia keracunan setelah menerima minuman yang dibuat untuk sang aktris. Apakah ia korban salah sasaran? Apakah aktris tersebut adalah target pembunuhan yang sebenarnya? Hanya Miss Marple yang akhirnya dapat mengungkap pembunuhnya!

Berikut 5 rekomendasi film adaptasi dari novel Agatha Christie, buat para penggemar tulisan Agatha khususnya dan penggemar seri detektif pada umunya wajib nonton!

Baca juga :

1 comment for "5 FILM ADAPTASI NOVEL AGATHA CHRISTIE "

  1. ayo daftarkan diri anda di AJOQQ :D
    menangkan jackpot dengan sebanyak-banyaknya :D

    ReplyDelete