5 FILM YANG 'MEMATIKAN'

Pernah dengar istilah Film yang mematikan atau film terkutuk? Film terkutuk adalah film-film yang dipercaya sebagian orang bisa membawa kesialan dan nasib buruk pada para pemeran, kru maupun penonton yang menonton filmnya. Bagi penulis pribadi, sebagai penggemar film horror setiap ada rekomendasi tentang film mematikan atau terkutuk, saya pasti langsung menontonnya. Dan hasilnya, dari sekian banyak film yang dikatakan 'mematikan' yang saya tonton, belum ada yang secara nyata memberikan nasib buruk atau kesialan kepada diri saya. Jadi, penulis berkesimpulan bahwa hal-hal buruk yang terjadi saat pembuatan ataupun setelah penayangan film-film tertentu adalah kebetulan. Bahkan in my personal opinion beberapa bisa dibilang sebagai strategi marketing untuk menaikkan rating film itu sendiri. Berikut 5 rekomendasi film yang menarik untuk ditonton para pecinta film yang penasaran mengenai film 'mematikan'  :

1. Antrum


Film ini sedang ramai dibahas saat ini. Dipercaya sebagai 'the deadliest film', ceritanya sendiri cukup simple. Menceritakan tentang dua kakak beradik yang baru kehilangan anjing kesayangan mereka. Sang adik, yang begitu menyayangi anjingnya kerap bermimpi buruk melihat anjingnya berada di neraka. Karena kasihan melihat adiknya, akhirnya sang kakak mengajak adiknya menelusuri hutan untuk menemukan 'neraka' dan menyelamatkan anjing mereka. Hutan itu sendiri adalah hutan terlarang tempat banyak orang melakukan bunuh diri. Spoiler alert, sebenarnya hal-hal yang dilakukan kakaknya hanya tipuan untuk membuat adiknya melupakan anjingnya. Tetapi semakin lama mereka berada di hutan tersebut semakin banyak kejadian aneh yang muncul. Seolah-olah mereka benar-benar menemukan gerbang 'neraka' yang sebenarnya. 

gambar : amazon.com

Dari ceritanya sendiri, film ini tidak terlalu terkesan horror. Hanya saja di beberapa bagian film sering muncul lambang-lambang setan, gambar iblis seperti Baphomet dan hal-hal creepy lainnya yang sebenarnya tidak berhubungan dengan jalan cerita filmnya. Dikabarkan film ini 'membunuh' 86 penontonnya dikarenakan bioskop tempat pemutaran film tersebut kebakaran. Kejadian ini terjadi di Budapest pada tahun 1988. Kejadian yang sama terulang lagi di San Fransisco pada tahun 1993, dimana sebanyak 30 orang penonton terbunuh dalam kebakaran di bioskop setelah menonton film Antrum. Pembuat film ini, David Amito dan Michael Lacini mengungkapkan bahwa ada bagian rahasia dalam film ini yang hanya bisa dilihat oleh orang-orang tertentu. Dan apabila ada melihat bagian tersebut, anda dipastikan akan mati. Penasaran? Boleh dicoba sendiri!

2. The Exorcist

Film satu ini merupakan film terseram yang pernah ada. Diangkat dari kisah nyata (yang belum baca boleh cek disini 5 Film Horror Based on True Story), mengisahkan tentang perjuangan seorang pastur untuk 'mengobati' anak perempuan yang dirasuki oleh Iblis jahat yang sangat kuat. Kabarnya, salib besar di Gereja yang berada di seberang bioskop tempat pemutaran perdana film ini pada tahun 1973, jatuh dan terbakar. Beberapa orang penonton di bisokop juga mengaku mereka merasa tidak enak badan, mual, pusing muntah, bahkan ada penonton yang mengaku mengalami kerasukan seperti pemeran utamanya setelah menonton film ini.

gambar : amazon.com

Tak hanya membawa nasib buruk bagi penontonnya, selama proses pembuatan film ini para aktor dan kru nya pun mengalami kecelakaan. Aktris utamanya mengalami cedera punggung saat syuting, rumah tempat mereka syuting mengalami kebakaran hingga dua orang aktor yang memerankan sosok pastur dalam film tersebut meninggal tidak berapa lama setelah pengambilan gambar film ini. 

3. The Omen

Berkisah tentang kehidupan keluarga duta besar kaya raya yang tidak dikaruniai keturunan. Pasangan itu pun memutuskan untuk mengadopsi seorang anak laki-laki. Sejak anak tersebut masuk dalam kehidupan mereka, banyak kejadian aneh, bahkan kematian tragis terjadi di lingkungan mereka. Diduga anak yang mereka adopsi tersebut adalah anak titisan Iblis atau dikenal dengan istilah 'The Omen'. Film horror satu ini cukup terkenal dan banyak dibuat sekuel maupun remakenya

gambar : imdb

Sama dengan The Exorcist, film ini banyak memakan korban jiwa baik pemeran, kru maupun sutradaranya. Anehnya, kecelakaan-kecelakaan yang menimpa kru dan pemainnya ini sama dengan adegan kecelakaan yang ada di film The Omen. Seperti helikopter yang tersambar petir dan terbakar sehingga menyebabkan penulis skenario dan aktor utama film ini mengalami luka parah. Yang paling tragis dialami oleh direktur efek khusus John Richardson dan asistennya Liz Moore. Mereka mengalami kecelakaan mobil parah yang membuat kepala Moore terpenggal, persis adegan pemenggalan kepala dalam The Omen.

4. The Poltergeist

Film pertama Poltergeist dirilis pada tahun 1982. Film ini bercerita tentang sebuah keluarga di pinggiran California yang merasa dihantui oleh entitas tak kasat mata di rumah mereka. Gangguan-gangguan ini berujung dengan menghilangnya anak bungsu perempuan mereka. Untuk sebuah film horror, film ini terbilang tidak terlalu menyeramkan. Tetapi cukup berhasil membuat ketakukan anak-anak kecil pada masanya. Kabarnya banyak kejadian supranatural terjadi saat pembuatan film ini.

gambar : amazon.com

Yang membuat film ini dilabeli 'terkutuk' adalah kejadian meninggalnya empat orang aktor dalam film ini yang terjadi dalam kurun waktu yang berdekatan, beberapa hari setelah film ini rilis. Beberapa mempercayai hal itu adalah kutukan karena saat pembuatan film, para kru menggunakan tengkorak manusia asli sebagai properti film. Benarkah demikian? atau ini semua hanya kebetulan?

5. Veronica

 Digadang-gadang sebagai film paling menakutkan yang pernah ada, Veronica merupakan film asal spanyol produksi Netflix. Bercerita tentang Veronica, seorang remaja putri yang tinggal bersama ibu dan adik-adiknya setelah ayahnya wafat. Suatu hari, saat terjadi gerhana matahari, Veronica dan kedua temannya melakukan ritual pemanggilan arwah dengan papan oujia di loteng sekolah mereka. Sayangnya ditengah-tengah ritual, seorang guru memergoki mereka dan ritual pun terputus. sejak saat itu Veronica kerap diganggu sosok tak kasat mata. 

gambar : imdb

Yang membuat film ini mengerikan adalah kisah nyata dibaliknya. Kejadian sama terjadi pada Estefania Gutierrez Lazaro yang mengalami kerasukan dan sakit parah setelah melakukan ritual Oujia. Netflix memberitakan bahwa hanya 1 dari 100 orang yang berhasil nonton film ini sampai selesai. Beberapa penonton juga mengaku mengalami pusing, mual, bahkan pingsan saat menonton filmnya. Beberapa lainnya keluar dari studio dipertengahan film. Penulis sendiri sudah menonton film ini, memang ada beberapa adegan yang disturbing tetapi tidak sampai membuat saya berhenti menonton sampai selesai tanpa di skip. Sebagai penggemar horror, menurut saya The Exorcist jauh lebih menyeramkan daripada film ini. Apakah kalian bisa menontonnya sampai selesai? Buktikan sendiri!

Kelima film di atas merupakan 5 film yang dipercaya 'mematikan' pilihan penulis, yang sudah penulis tonton sendiri dan tidak memiliki dampak buruk setelah menontonnya. Percaya atau tidak, kembali ke anda masing-masing. Pensaran? Silahkan mencoba!

Baca juga :

1 comment for "5 FILM YANG 'MEMATIKAN'"

  1. menangkan uang sebanyak-banyaknya hanya di AJOQQ :D
    AJOQQ menyediakan 9 permainan seru :)

    ReplyDelete